Rabu, 22 Mei 2013

KISI-KISI UKK BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 DEMAK


KISI–KISI TES HASIL BELAJAR
ULANGAN KENAIKAN KELAS  SEMESTER 2 KELAS X
TH. PELAJARAN 2012/ 2013
 

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Tingkat Kesulitan
No Soal
Bentuk Soal
1.
Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Membandingkan ciri keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem
Siswa dapat menjelaskan pengertian keanekaragaman tingkat ekosistem
Disajikan tabel beberapa tumbuhan, siswa dapat menentukan keanekaragaman tingkat  spesies
Siswa mampu menjelaskan penulisan ilmiah yang sesuai binomial numenclature
Disajikan beberapa contoh spesies hewan, siswa dapat menganalisis hubungan kekerabatannya
Mudah

Sukar

Sedang

Sukar

1

2

3

4

PG

PG

PG

PG
2.
Mengkomunikasikan keanekaragam hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam.
Memberikan contoh keanekaragaman hayati Indonesia.

Siswa dapat contoh menyebutkan flora  endemik
Disajikan tabel hewan beserta  daerahnya, siswa dapat membedakan persebaran fauna di Indonesia menurut Wallace

Mudah
Sedang
5
6
PG
PG
Menjelaskan usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia.
Siswa dapat menjelaskan contoh usaha pelestarian keanekaragaman hayati
Siswa dapat menjelaskan tindakan/aktivitas manusia yang dapat menurunkan keanekaragaman hayati
Siswa dapat menjelaskan upaya peningkatan keanekaragaman hayati secara insitu dan ex situ beserta contohnya
Sedang

Sedang

Sedang

7

8

51
PG

PG

Essai
3.
Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di Bumi


Mendeskripsikan ciri umum Dunia Tumbuhan
Siswa mampu menjelaskan ciri organisme yang termasuk kingdom animalia
Sedang
9
PG
Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan lumut
Disajikan tabel ciri-ciri tumbuhan, siswa dapat membedakan ciri tumbuhan lumut
Sukar
10
PG
Mengklasifikasikan tumbuhan lumut
Disajikan tabel ciri tumbuhan lumut, siswa dapat menentukan ciri yang termasuk kelas Hepaticopsida
Sukar
11
PG
Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
Disajikan bagan metagenesis lumut, siswa dapat menjelaskan fase sporofit dan gametofit yang ditunjuk
Sukar
12
PG
Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia
Siswa dapat menjelaskan peranan lumut (Sphagnum sp) bagi manusia
Mudah
13
PG
Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku
Siswa dapat menjelaskan fungsi daun sporofil pasa tumbuhan Paku
Sedang
14
PG
Mengklasifikasikan tumbuhan paku

Disajikan tabel ciri tumbuhan paku, siswa dapat menentukan ciri yang termasuk kelas Equisetinae
Sukar
15
PG
Mejelaskan siklus hidup tumbuhan paku
Siswa mampu membuat bagan alur metagenesis paku
Sukar
52
Essai
Mendeskripsikan ciri tumbuhan berbiji terbuka
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri Gymnospermae

Mudah
16
PG


Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji tertutup

Diberikan tabel, siswa dapat menjelaskan perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil
Sedang


17


PG



Menjelaskan  alur hidup  tumbuhan berbiji tertutup
Siswa dapat menjelaskan mekanisme pembuahan ganda pada tumbuhan biji tertutup
Sukar
18
PG
4.
Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan

Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
Disajikan gambar tipe saluran air pada forifera, siswa dapat menunjukkan tipe saluran yang ditunjuk
Sedang
19
PG
Siswa dapat menjelaskan ciri kelas Demospondia pada Porifera berdasarkan bentuk dan kandungan spikula
Sukar  
20
PG
Disajikan gambar Hydra, siswa dapat menunjukkan fungsi bagian yang ditunjuk
Sedang
21
PG
Siswa dapat menyebutkan urutan daur hidup Obelia sp
Sedang
53
Essai
Disajikan daur hidup Taenia sp, siswa dapat menentukan tahapan perkembangan secara urut
Sedang
22
PG




Siswa dapat menjelaskan  peranan cacing Ascariasia lumbricoides  yang merugikan bagi manusia
Mudah
23
PG



Siswa dapat menjelaskan ciri khusus yang dimiliki  cacing dari kelas Hirudinae
Mudah
24
PG



Disajikan beberapa spesies berbagai hewan Molusca, siswa dapat menentukan kelas dan alat gerak yang sesuai
Sedang


25

PG




Disajikan gambar beberapa spesises Echinodermata, siswa dapat menentukan spesies yang termasuk kelas Echinoidea
Siswa dapat menjelaskan peranan Teripang bagi manusia
Sedang


Mudah
26


27
PG


PG




Disajikan ciri umum Arthropoda, siswa dapat menjelaskan ciri yang termasuk kelas Myriapoda
Sedang
28
PG



Disajikan gambar metamorfosis pada insekta, siswa dapat menyebutkan secara runtut alur hemimetabola
Sedang
29

PG





Disajikan berbagai gambar spesies Echinodermata, siswa dapat menyebutkan spesies dan perannya yang sesuai
Sukar
30
PG



Disajikan beberapa ciri Chordata, siswa dapat menentukan ciri yang termasuk Amphibi
Sedang
31
PG

5.
Mendeskripsikan peran komponan ekosistem  dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
 Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu

Siswa dapat menjelaskan komponen biotik penyusun ekosistem
Siswa dapat menjelaskan tingkat organisasi kehidupan secara runtut
Mudah

Sedang
32

33
PG

PG
Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
Siswa dapat menjelaskan pengertian nisia

Disajikan tabel beberapa organisme, siswa dapat menyebutkan contoh organisme dekomposer

Mudah

Sedang
34

35
PG

PG
Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem

Siswa dapat menyebutkan contoh simbiosis komensalisme
Disajikan tabel, siswa dapat membedakan suksesi primer dan suksesi sekunder
Disajikan beberapa ciri ekosistem, siswa dapat menentukan ciri ekosistem gurun
Sedang

Sedang

Sedang
36

37

38
PG

PG

PG


Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi
Disajikan bagan rantai makanan detritus secara acak, siswa dapat menjelaskan alur  secara runtut
Disajikan gambar jaring-jaring makanan, siswa dapat menentukan tingkat konsumen III
Disajikan berbagai gambar piramida ekologi, siswa dapat menentukan piramida energi yang ideal
Siswa dapat menyebutkan bakteri yang berperan dalam siklus Sulfur
Disajikan gambar daur nitrogen, siswa dapat menjelaskan tahapan yang ditunjuk
Sedang

Mudah

Sukar

Sedang

Sukar
39

40

41

42

54

PG

PG

PG

PG

Essai
6.
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
Siswa dapat menjelaskan contoh perubahan lingkungan yang disebabkan aktivitas manusia  
Mudah

43
PG
Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia yang menyebabkan pencemaran
Siswa dapat menyebutkan polutan yang termasuk pencemaran kimiawi
Siswa dapat menjelaskan sumber pencemar limbah pertanian pada pencemaran air
Mudah

Sukar
44

45
PG

PG


Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan

Siswa dapat menjelaskan dampak pencemaran udara (CO dan CO2)
Siswa dapat menjelaskan dampak eutrofikasi

Siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan peptisida bagi manusia
Sedang

Mudah


Sedang

55

46

47
Essai

PG

PG


Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
Siswa dapat menyebutkan upaya pencegahan pencemaran tanah
Sedang
48
PG
7.
Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang
Siswa dapat menjelaskan contoh pengolahan limbah organik
Siswa dapat menjelaskan tahapan reuse dalam  metode C3 untuk penanganan limbah
Sukar

Sedang
49

50
PG

PG

1 komentar: